Posted by : Animotaku! Senin, 10 Juli 2017

Yosha! Mimin lagi UAS padahal tp mimin mau ngebahas game jadul yang "Old but gold"!
mimin ketinggalan jaman, iya :'v
game ini udah lamaaa banget rilis nya but mimin baru main baru baru ini :9 teehee~

Judul nya adalah :     

IB



"Ib adalah game horror-adventure freeware oleh kouri yang dibuat di RPG Maker 2000. Ini mengikuti kisah Ib, Garry, dan Mary di dunia galeri aneh artis terkenal di dunia, Guertena."


Semua kisah ini dimulai dari seorang gadis berumur 9 tahun bernama Ib dan orang tuanya yang pergi mengunjungi sebuah pameran seni namun... tiba tiba Ib merasakan atmosfer yang berbeda dan dia menjadi sendirian di ruangan pameran itu. Tiba tiba banyak hal aneh yang menakutkan terjadi sampai pada akhirnya Ib terjebak di dunia Guertena tersebut...

Game ini adalah game RPG yang gratis untuk didownload namun memiliki banyak sekali alur cerita yang penuh makna, dengan model jumpscare horor yang tidak terlalu sadis serta berisi puzzle yang seru, game ini cocok dimainkan oleh anak berumur 15 tahun keatas~

Tokoh - Tokoh

1. Ib


Ib adalah karakter utama dari game ini, Ib berusia 9 tahun dan memiliki sifat yang polos. Dirinya tidak mudah takut dan pantang menyerah. Ib memiliki karakteristik rambut coklat dengan mata berwarna merah serta baju kemeja dengan dasi dan rok merah. Ib memiliki mawar merah yang menjadi nyawa dia di dalam dunia tersebut. Ib memiliki hubungan yang dekat dengan Garry, bahkan mimin sampai ngeship mereka gitu wkwkwk but.. pas tau umurnya jauh banget ya... gabisa ngeship lagi deh:( Ib bertemu dengan Garry ketika tubuh Garry melemah karena mawar Garry yang berwarna biru mulai layu. Ib lalu menyelamatkan Garry dengan meletakan mawarnya didalam vas yang berisi air. Garry pun akhirnya membantu Ib untuk keluar dari dunia yang berisi neraka dan mimpi buruk tersebut.

perbedaan tinggi Garry dan Ib^^


2. Garry

Garry adalah satu satunya pengunjung yang terjebak di dunia tersebut selain Ib. Garry memiliki perawakan dewasa seperti umur 18-20 tahunan dengan rambut berwarna violet dan ungu gelap diatasnya. Garry memiliki sifat yang sangatttt baik, dia juga bijaksana. Dia memiliki sifat yang sangat perhatian kepada Ib, bahkan juga sangat khawatir dengan keadaan Ib. Gary pun sering memikirkan keadaan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Pada good ending, Garry dan Ib akan berhasil keluar dari dunia Guertena tersebut.

3. Mary



Mary adalah tokoh yang berusia sama seperti Ib(sepertinya sih), Mary memiliki perawakan rambut blonde dengan mata berwarna biru. Namun, dirinya lebih ceria ketimbang Ib. Mary memiliki mawar kuning (namun palsu) yang memiliki arti "cemburu tipis". Ib dan Garry bertemu dengan Mary dan pada akhirnya Mary bergabung dengan Ib. Meski begitu Mary bukanlah manusia. Garry yang akhirnya terjebak karena sebuah akar yang memisahkan antara Ib dan Mary akhirnya mencari tahu ada apa dibalik keanehan Mary (Garry sudah curiga dengan keanehan Mary) dan ternyata Mary adalah makhluk yang keluar dari lukisan Guertena yang rindu melarikan diri untuk ke dunia manusia asli meskipun begitu, ia dapat keluar jika dapat mengganti tempat dengan manusia di dunia nyata.



Alur (Mengandung Spoiler ya cintahhh)

  • Ib terjebak di dunia Guertena yang penuh dengan mimpi buruk dan berusaha untuk mencari jalan keluar
  • Ib bertemu dengan Garry yang ternyata adalah pengunjung dari pameran seni tersebut, Ib menolong Garry dan pada akhirnya Garry bersama Ib berjuang bersama untuk keluar dari dunia tersebut.
  • Garry adalah sosok yang penuh perhatian untuk menolong Ib, bahkan dia mudah khawatir :v
  • Ib dan Garry bertemu dengan Mary yang ternyata bukanlah manusia
  • Mary menginginkan untuk berteman dengan Ib seorang tanpa kehadiran Garry (mungkin Mary ingin melarikan diri dari dunia tersebut dengan mengganti posisi Garry)
  • Mary mengambil mawar Ib dan Garry berusaha mengambil kembali mawar Ib dengan menukar mawarnya sendiri :")
  • Pada Bad Ending, Mary akan memainkan permainan Loves me Loves me not dengan memetik kelopak Garry yang menyebabkan Garry meninggal... tapi dimata Ib Garry sedang tertidur.
  • Pada Good Ending, Garry dan Ib pergi ke tempat dimana terdapat lukisan Mary, Ib pun membakar lukisan tersebut yang membuat Mary menghilang, lengan Garry terluka dan Ib membalutnya dengan sapu tangannya sendiri. Ib dan Garry kembali ke dunia asal namun Garry yang awalnya lupa dengan Ib teringat kembali saat tiba tiba dia menyebut nama Ib dan menemukan sapu tangan didirinya. Garry berjanji akan mengembalikan sapu tangan Ib saat sapu tangan tersebut telah dibersihkan (karena ada bekas darah) dan mereka berjanji akan bertemu kembali :3
1. Promise of Reunion



Jika pemain lebih menyukai Garry daripada Mary, maka ending ini akan dianggap ending terbaik. Untuk mendapatkan ending ini, Ib harus memberi Garry saputangannya saat dia terluka dan memilih untuk terjun ke lukisan bersamanya (jika Anda tidak memiliki cukup ikatan, Anda tidak akan mendapat pilihan untuk memberikan saputangan kepadanya). Setelah melarikan diri, Anda bisa menemukan Garry melihat patung mawar itu. Anda akan berbicara dengannya, dan dia secara tidak sadar akan memanggil nama Ib, sangat mengejutkan, karena dia yakin dia belum pernah bertemu dengannya sebelumnya. Saat dia mulai pergi, dia menyadari bahwa dia memiliki saputangan di sakunya, yang akan memicu kenangannya akan segala sesuatu yang terjadi. Dia akan meminta untuk meminjam saputangan, karena dia tidak ingin mengembalikannya ke dalam keadaan berdarah. Dia berjanji untuk segera mengembalikannya, yakin mereka akan bertemu lagi. Mengakhiri kredit akan bergulir, dan sebuah gambar yang menggambarkan Ib dan Garry melambai gembira satu sama lain akan terlihat.

2. Memory's Crainnes

Di akhir cerita ini, Ib tidak memberi Garry saputangannya saat dia terluka oleh pecahan kaca 
(entah Anda tidak bisa memilih, atau Anda memilih untuk tidak melakukannya).
Pemain masih akan melalui tahap terakhir dari permainan (memilih untuk melompat ke dalam lukisan 
dengan Garry atau untuk pergi dengan ibunya). 
Setelah melompat ke dalam lukisan bersama Garry, Ib kembali ke dunia normal. 
Dia bisa menemukan Garry melihat patung mawar itu. 
Garry akan menyatakan bahwa melihat karya seni membuatnya sedih. Dia kemudian akan memberitahu Ib 
untuk mengabaikan semua yang dia katakan, berjalan pergi sesudahnya. 
Setelah Garry pergi, ibu Ib akan turun dan melihat dia melihat patung itu. Dia akan membuat beberapa 
pernyataan dan kemudian membawa Ib untuk melihat karya lain di museum. 
Ib dan Garry nampaknya tidak akan pernah bertemu lagi dan Ib akhirnya pergi bersama orang tuanya.

3. Ib All Alone


Variasi 1
Disini pemain akan memilih "Ibu" daripada Garry. Garry dengan putus asa memanggil Ib kembali,
Namun Ib tidak sadar dan perlahan lahan pergi menjauh.(Sudah jelas ibu Ib itu tidak nyata dan
menyebabkan Ib terjebak di dunia itu selamanya)





Variasi 2 Di akhir cerita ini, pemain melihat Garry meninggal (walaupun dia tertidur, di mata Ib yang polos) karena Mary memetik kelopak mawarnya. Ib akan mengambil pemantiknya (memakan permen untuk memberi ruang), dan mendapati Mary menghancurkan mawar Garry yang terakhir. Begitu Mary pergi, Ib membakar tanaman yang menghalangi jalan menuju pintu di ruangan itu. Setelah ini, pemain akan memasuki ruangan dan menemukan lukisan Mary yang tergantung di dinding. Mary akan muncul, memohon, kemudian menyuruh Ib pergi dari ruangan tersebut. Dengan marah, dia berjalan menuju Ib dengan pisaunya, meneriakkan agar dia berhenti. Begitu disamping lukisan itu, pemain akan memilih pilihannya, "Burn down the painting." Hal ini menyebabkan lukisan itu terbakar, begitu juga Mary, hanya menyisakan butirannya dan membakar abu kertas. Begitu Ib meninggalkan ruangan, akhirnya dia akan menemukan lukisan yang mengarah ke galeri aslinya. "Garry" kemudian akan muncul, mengaku telah menemukan jalan keluar yang lain. Sama seperti variasi pertama dari ending ini, ini adalah palsu - usaha untuk memiliki Ib agar tetap tinggal didunia tersebut. Ib akan memutuskan untuk mengikuti Garry, dan mereka pergi bersama, lebih dalam ke dunia tersebut.


Variasi 3 Jika pemain memilih untuk melangkah mundur dan tidak melompat dari alam Guertena ke galeri aslinya, semuanya akan menjadi gelap dan Ib terjebak ke dalam wilayah tersebut.


Variasi 4 Jika Garry dan Mary meninggal, dan jika itu adalah gameplay kedua yang sama kecuali yang dibuat pemain, di ruang bawah tanah rahasia, pemain akan menemukan tempat tidur yang gelap. Jika Garry bersamanya, dia akan menghentikan Ib agar tidak jatuh tertidur, tapi, jika Garry tidak ada di sana, pemain akan tertidur, dan akan ada cutscene ulang tahun kesembilan Ib, di mana dia mendapatkan saputangannya, dan Dia akan tidur untuk selama-lamanya.

4. Forgotten Portrait


Jika pemain memilih untuk tidak mengikuti Garry palsu, maka Ib akan terjun ke dalam potret. Di tempat Hanged Man (salah satu lukisan Guertena), akan ada lukisan berjudul Forgotten Portrait, yang menggambarkan Garry "tidur." Saat memeriksanya, ibu Ib akan mendekat dan meminta Ib ikut dengannya. Ib akan melihat kembali lukisan itu sekali lagi sebelum meninggalkan ruangan.

5. Together Forever


Jika pemain lebih memilih Mary daripada Garry, maka ending ini akan dianggap terbaik(bagi mimin TIDAK). Setelah Ib melihat Garry "tidur," pemain akan pergi melalui rumah merah muda tanpa harus repot-repot membakar lukisan Mary. Setelah melompat dari alam Guertena ke galeri aslinya, Mary akan terlihat mendekat. Ib akhirnya akan menemukan orang tuanya di lobi galeri, dengan Mary berdiri di depan mereka, menunjukkan bahwa Maria telah menjadi saudara perempuan Ib. Dia meninggalkan galeri seni bersama orang tuanya dan Mary, dan tergantung pada apa yang ada di saku Ib, Mary akan mengambilnya darinya (memakan permen atau menyita korek api). Mary bertanya apakah mereka akan bersama selamanya, dan pemandangan itu berakhir dengan sebuah gambar yang menunjukkan bahwa Ib dan Mary berpegangan tangan dengan gembira, tapi ini juga aneh karena dia tidak melihat lukisan Garry.

6. Welcome to The World of Guertena


Jika pemain memiliki ikatan yang cukup tinggi dengan Mary, (tindakan tertentu yang kamu lakukan dalam permainan akan mempengaruhi kedua hal ini), kamu akan sampai pada tujuan ini. Setelah gagal dalam ruangan boneka bersama Garry, kamu secara otomatis akan kembali menjadi Ib (gagal dalam ruang boneka tidak selalu menjamin akhir yang buruk, tapi ini meningkatkan angka malapetaka secara signifikan). Sekarang kamu bisa mendapatkan kunci di ruang yang berwarna 'hitam putih' (yang sekarang berwarna), dan mungkin melanjutkan ke tingkat yang lebih rendah di mana Garry memecahkan teka-teki. Anda masuk dan sedikit demi sedikit maju ke kamar, mendengar Garry berbicara kepada dirinya sendiri di sepanjang jalan. Melanjutkan ke dalam ruangan, Ib menemukan bahwa Garry sedang berbicara dengan ornamen kelinci (yang sebenarnya boneka). Sebaliknya dengan apa yang mungkin terjadi jika Anda memiliki ikatan yang tinggi dengan Garry atau rendah, dia tidak dapat bersama. Ib tinggal bersama Garry dan tidak dapat meninggalkan timnya, dan Mary awalnya memutuskan untuk meninggalkan keduanya. Sebagai gantinya, dia kembali beberapa saat kemudian dan menyatakan bahwa dia dan Ib adalah teman, dan teman-teman tidak saling meninggalkan.
Pemandangan kemudian akan kembali lagi ke ruang boneka, dengan kelinci sekarang seperti boneka dan beberapa makhluk galeri lainnya di ruangan itu (dua wanita di Red, patung tanpa kepala, kepala manekin, dll.). Ib terbaring di tanah , tapi dia tidak mati. Garry juga terjatuh saat ia berada di "Forgotten Portrait", tapi juga tidak mati. Mawar mereka di tanah, layu dan dengan sedikit kelopak tersisa, sementara Mary bahagia dan mengenalkannya ke 'karya seni' galeri lainnya sebagai teman-temannya. Mary menyita pemantik Garry dan memiliki lukisan boneka besar yang memakannya. Setelah ini, Mary melanjutkan untuk mengatakan bahwa ketiganya bisa bermain game dan berteman selamanya. Adegan diakhiri dengan layar hitam dengan judul ending ini.

7. A Painting's Demise


Ini mungkin yang terburuk untuk ketiganya, tapi yang terburuk bagi Mary. Jika pemain memiliki ikatan rendah dengan Garry, jumlah kegagalan yang tinggi, dan ikatan rendah dengan Mary, maka kamu akan menemukan diri mereka pada akhir ini. Ini berjalan seperti akhiran sebelumnya, sampai Mary meninggalkan Ib dan Garry di belakang di ruang boneka sementara Garry berhalusinasi. Pemain sekarang bermain sebagai Mary. Mary pergi dan kembali ke lantai atas ke tempat dia dan Ib awalnya, lalu pergi ke patung dan memintanya untuk bergerak. Itu terjadi dan dia menuruni tangga panjang. Melewati buku sketsa, sang pemain akhirnya kembali ke galeri. Saat mereka melanjutkan ke lukisan Fabrikasi Dunia, beberapa pesan di cat muncul di dinding, menyuruh Mary untuk tidak pergi.

Mary mengabaikan mereka dan melewati lukisan itu ke dunia nyata. Saat dia tiba, galeri masih kosong. Pemain dapat membawa Mary berkeliling ke berbagai bagian galeri, dan saat Maria mencoba untuk pergi, kejadian yang terjadi di awal permainan untuk Ib (lampu galeri menyala dan jejak) terjadi pada Mary. Mary menjelajahi galeri dan mencoba menemukan jalan keluar, bagaimanapun, hal-hal hanya menjadi lebih mengerikan. Darah di jendela, retakan terbentuk di dinding dan cat biru yang bocor. Gambar Mary yang mati muncul di lobi, huruf-huruf merah muncul di lantai, dan beberapa pesan memberi tahu Mary bahwa dia bukan anggota dunia nyata dan bahwa dia adalah 'perempuan yang buruk'. Galeri berangsur-angsur gelap sampai gelap gulita. Mary berseru bahwa dia tidak dapat melihat dan berseru kepada Garry dan Ib untuk membantunya dan menyelamatkannya, tapi mereka tidak datang karena mereka masih terjebak. Pada akhirnya, sebuah kekuatan yang tidak diketahui membunuh Maria dan dalam kata-kata terakhirnya dia berseru kepada 'ayahnya'. (Hal ini sangat menyiratkan bahwa Guertena adalah Mary yang disebut sebagai ayah, dan bahwa dialah yang membunuhnya. Namun, ini tidak dikonfirmasi.) Adegan berakhir dengan nada hitam yang sama dan kemudian menampilkan judul akhir cerita yang kamu terima.




YOSH Sampai disini penjelasan mimin tentang game rpg horror ini~ Semoga kalian suka yaa!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog mimin! Sampai ketemu lagi! Sayonaraa~



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Animotaku! - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -